Saturday, May 28, 2016

Ulundanu Bratan

Berkunjung ke Bali belumlah lengkap jika belum berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.Keindahan pura Ulun Danu sungguh memukau bagi saya yang meskipun sudah lama menetap di bali apalagi para wisatawan yang berkunjung ke pulau Bali dan belum pernah ke Bali sebelumnya. Keberadaannya yang mempesona di tengah danau Bratan di kawasan Bedugul sering menjadi icon yang menghiasi pamflet dan brosur yang terkait pariwisata pulau Dewata. Kondisi alam yang sejuk dan bahkan sering terjadi hujan di siang hingga sore hari, menjadikan keberadaan pura Ulun Danu dinyatakan sebagai salah satu kawasan romantis yang sangat cocok sebagai lokasi pemotretan prewedding maupun berbulan madu di wilayah Bali yang pastinya tidak akan terlupakan. Berikut ini ulasan obyek wisata di danau Bratan yang terletak di wilayah Bedugul yang disajikan sebagai pedoman liburan dari saya untuk anda.
Dalam paket wisata liburan ke Bali, biasanya para pengunjung mendapat agenda untuk mengunjungi pura Ulun Danu Bratan yang sangat indah ini. Berlibur dengan menikmati keindahan danau di Bedugul ini biasanya disatukan dengan tujuan mengunjungi kawasan Ubud dan obyek indah di Kintamani Bali. Hal ini sangat wajar, karena kedua wilayah tersebut cukup dekat. Akses terbaik untuk mengunjungi tempat ini juga disarankan jika anda telah melihat gagahnya pura Besakih yang jaraknya hanya sekitar 17 kilometer atau sekitar setengah jam perjalanan dari kawasan danau ini. jika anda berangkat dari Kuta menuju Bedugul ini maka dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan atau letaknya sejauh 70 Kilometer. Akses lain yang disarankan adalah rute perjalanan liburan yang anda lakukan ke pantai Lovina di bagian Bali Utara. karena kawasan Bratan masih satu area di wilayah Utara.
Keindahan Pura Ulundanu Bratan
Pemandangan yang memukau dan eksotis di pura Ulun Danu Bedugul ini sangat tepat jika anda kunjungi di pagi hari (sunrise). Kabut tipis yang merambah di atas permukaan danau yang diterangi oleh sinar mentari pagi merupakan obyek menarik untuk jepretan foto yang anda lakukan. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini berkomentar, bahwa, sejelek apapun kamera yang anda gunakan, Danau Bratan dengan keberadaan pura di tengahnya tetap akan terlihat cantik. Hal ini menunjukkan betapa mempesonanya salah satu tempat liburan di Bali ini. Tidak heran Kawasan Bedugul ini kerap dijadikan lokasi foto pra nikah dan menjadi kenangan tak terlupakan. Jika anda ingin membuktikannya, cobalah datang saat hari biasa (weekdays), pasti anda akan bertemu dengan rombongan fotografer dan pasangan calon pengantin yang sedang asyik menciptakan hasil karya jepretan romantis sebagai persiapan sebelum menikah.
Selain berfoto, di wilayah danau Bratan di Bedugul ini juga tersedia beberapa permainan air seperti kano, mengayuh sampan, jet ski, sepeda air dan parasailing. Lokasi permainan ini terletak di sebelah kanan pintu masuk menuju pura Ulun Danu. Untuk pengunjung yang datang bersama keluarga (membawa anak kecil), biasanya meluangkan waktu cukup lama di sini. Sedangkan bagi wisatawan yang memiliki nyali dan tidak takut ketinggian, biasanya melakukan kegiatan wisata dengan menggunakan parasailing ini untuk berkeliling dan memotret keindahan pura Ulun Danu dari atas udara di kawasan Bratan ini. Suasananya yang sangat tenang mirip dengan keindahan taman Narmada. Apalagi kedua obyek ini memang sama-sama dikelilingi air. Jika taman Narmada Lombok dikenal dengan taman buatan, maka danau Bratan Bali dikenal dengan taman air alami.
Senja yang merona
Sebelum anda meninggalkan danau indah di Bedugul ini, sangat disarankan untuk mampir ke pasar buah yang terletak di parkiran. Biasanya penjaja buah di sana akan menawarkan salak dan markisa Bali yang sangat segar dan juga buah strawberry. Atau, jika anda masih memilki waktu luang, cobalah mencicipi kelezatan kuliner Bali yaitu ayam Betutu yang menjadi makanan  khas di kawasan pura Ulun danu ini. Dijamin anda menyukai masakan tersebut. Seperti saya ini meskipun sudah lama menetap di Bali namun saya masih sangat menyukai masakan ini. Jika pembaca mau ke Bali dan membutuhkan Guide, free deh kalo saya yang nenemnin silakan menghubungi saya.

No comments: