Sunday, May 29, 2016

Danau Tamblingan - Bali

Anda bosan dengan Objek wisata pantai yang ada di bali dan keriuhan suasana kendaraan di Kota Denpasar yang begitu padat? Bali yang sudah sangat terkenal memiliki banyak sekali objek wisata yang menakjubkan selain objek wisata pantai sebagai alternatifnya. Kali ini saya akan bercerita sedikit tentang salah satu objek wisata yang terkenal di bali adalah objek wisata danau. Sebelumnya saya sudah bercerita tentang Danau Bratan yang juga terletak tidak jauh dari Danau Tamblingan ini. Bali memiliki empat buah danau dan masing-masing danau tersebut mampu menarik daya tarik pengunjung untuk mengunjunginya. Adapun empat danau tersebut adalah Danau Batur, Danau Bratan, Danau Buyan dan danau Tamblingan. Untuk kali ini saya akan bercerita tentang Danau yang saya kunjungi ini. Danau Tamblingan terletak di Kabupaten Buleleng, kuranglebih 82 km dari kota Denpasar arah ke Singaraja melalui jalan yang berkelok-kelok dan menanjak. Dalam perjalanan kesana, melewati beberapa danau yaitu danau Bratan, Buyan dan yang paling barat adalah Danau Tamblingan. Tempat wisata Bali lain yang enggak kalah indahnya. Kalau ingin menikmati keindahan danau-danau ini dari atas, kita dapat menepikan mobil terlebih dahulu. Enggak rugi deh kalau udah nyampai danau Tamblingan, di Kabupaten Buleleng. Sangat indah dan suasana hening. Cocok bagi mereka yang hobi fotografi dan yang suka menikmati surganya Bali tanpa terganggu oleh lalu lalang wisatawan-wisatawan lain. Jika ingin mengelilingi danau maka anda harus turun ke bawah dan menyewa sampan kecil dari penduduk setempat. Sedang bingung cari setting untuk foto pre-wedding? Disinilah tempat yang romantis.  Memang keindahan Tamblingan  sangat fotogenik dan unsur spiritualnya di Buleleng cukup kuat karena ada kompleks pura di sekitarnya.
Sungguh tempat wisata yang komplit. Unsur spiritual ini enggak lepas dari legenda danau Tamblingan itu sendiri menurut cerita penduduk setempat.  Jaman dulu terdapat empat desa di area itu yang memiliki ikatan spiritual dan memiliki tanggung jawab menjaga kesucian danau dan pura-pura di sekitarnya. Sedangkan kata Tamblingan berasal dari kata dalam bahasa Bali yaitu Tamba artinya obat dan Elingang yang berarti ingat dalam kemampuan spiritual. Waktu terbaik untuk datang kesini adalah pada pagi hari atau sore hari dimana matahari tidak terlalu menyengat dan kabut tipis yang menyelimuti bukit atau pun di atas permukaan danau akan menambah keindahannya. Danau tamblingan merupakan danau yang paling kecil diantara keempat danau lainnya di bali. Namun walaupun kecil, danau ini sangat terjaga kealamiannya. Disini kita tidak mungkin menemukan perahu boat atau perahu-perahu yang menggunakan mesin lainnya, yang ada hanyalah perahu sampan yang dimiliki oleh warga setempat. 
Perahu sampan ini sangat cocok untuk kita para pengunjung  yang ingin menikmati ketenangan di dalam danau tamblingan yang tenang selain harganyanya juga masih terjangkau oleh saya . Danau Tamblingan letaknya sangat berdekatan dengan Danau Bertan yang terkenal dengan objek wisata di kawasan Bedugul. Di kawasan ini terdapat banyak tempat suci Agama Hindu, seperti Pura Dalem Tamblingan, Tirta Mangening, Naga Loka, Batulepang, Endek, Tukad Timbang dan banyak lagi yang lainnya. Sehingga tidak salah Pemkab Buleleng menjadikan kawasan ini menjadi tujuan wisata spiritual di Bali. Tempatnya memang menyuguhkan ketenangan, kedamaian serta suguhan panorama alam asri, keindahan danau serta lembah Gunung Lesung menjadi tempat ideal untuk melakukan pendekatan rohani. Anda tertarik datang ke lokasi ini? Bisa menghubungi saya karena saya dan rekan menyediakan juga jasa transportasi untuk para pelancong yang ingin menikmati keindahan pulau Bali. hehehhe sambil promosi dikit


No comments: